Pengertian USB

| Senin, 01 Desember 2014


Sejarah USB



1994: Pengembangan Dimulai
USB Memiliki sejarah yang cukup panjang. Perkembangan USB dimulai dari tahun 1994 yang merupakan versi pre-rilis pertama dari USB.
1994: Pengembangan Dimulai Tujuh kelompok perusahaan teknologi yaitu : Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC dan Nortel, bersamasama mengembangkan apa yang mereka harapkan akan menjadi standar industri untuk menghubungkan perangkat periferal yang berfokus pada : bentuk, biaya, kesederhanaan,manufakturabilitas dan kegunaan.
Pre-rilis
USB 0.7 dirilis pada bulan November 1994.
USB 0.8 dirilis pada bulan Desember 1994.
USB 0.9 dirilis pada bulan April 1995.
USB 0.99 dirilis pada bulan August 1995.
USB 1.0 Release Candidate dirilis pada bulan November 1995.

Januari 1996: USB 1.0 Dirilis

USB 1.0
Perusahaan besar yang menciptakan teknologi USB 1.0 antara lain Intel, Compaq, Digital, IBM, dan Northen Telecom. walaupun mereka membuat USB 1.0 secara besar-besaran, tetapi produk yang dibuat memiliki peranan yang berbeda, Seperti Intel memproduksi
UHCI host controller dan open software stack yang menggunakan sistem seperti USB 1.0, Microsoft memproduksi USB software stack for Windows dan bersama National Semiconductor serta Compaq ikut merumuskan OHCI host controller. Philips-pun tidak mau ketinggalan, mereka memproduksi USB Audio yang pertama dengan sistem USB 1.0,dan Bandwidth 1,5 Mbps sesaat (untuk kelajuan rendah) dan 12 Mbps sesaat (untuk kelajuan tinggi).
                                                                                                                                                            10
April 2000: USB 2.0 Dirilis

USB 2.0
Pada USB 2.0 banyak sekali penambahan fitur guna menciptakan USB yang lebih canggih pada akhir tahun 2001, USB 2.0 menggunakan standar dari
USB-IF (Implementers Forum). USB 2.0 memiliki kecepatan transfer data hingga 480Mbps atau sekitar 40 kali lebih cepat dari USB versi sebelumnya.Perbedaan paling mencolok dengan versi sebelumnya, yaitu pada kecepatan transfer yang jauh meningkat.
Kecepatan transfer data USB dibagi
menjadi tiga, antara lain:
- High speed data dengan frekuensi clock
480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data
pada ± 500ppm.
- Full speed data dengan frekuensi clock
12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data
pada ±0.25% atau 2,500ppm.
- Low speed data dengan frekuensi clock
1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada
±1.5% atau 15,000ppm.

Desember 2000: USB Flash Drive

USB Flash Drive
Pada bulan Desember 2000, IBM menciptakan flash drive. USB jenis ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 8MB. Sebelumnya orang menggunakan Diskete sebagai media menympan dan mentransfer data, seiring berkembangnya zaman, USB flash drive merupakan evolusi dari ruang penyimpanan pada tahun 2000-an menggantikan diskete 31/2.

Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988.

NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data, memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, di mana memungkinkan untuk mengupdate kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS


11
NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage.

Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000

Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB.

Mei 2005: USB Wireless

USB Wireless
Pada bulan Mei 2005, USB mulai berkembang dengan teknologi terbaru yaitu dengan memadukan teknologi Wireless sebagai perantara. USB Wireless menngunakan transmisi radio, sekarang anda sudah bisa menikmati Komputer/Laptop yang dilengkapi USB berteknologi tanpa kabel.



November 2008: USB 3.0 Dirilis

USB 3.0
USB versi 3.0 dirilis pada bulan November 2008. Bebrbagai perubahan telah dirombak di USB 3.0 seiring dengan peningkatan penggunaan perangkat eksternal dan kebutuhan kecepatan yang lebih tinggi. Kecepatan transfer data USB 3.0 lebih tinggi dari pada versi sebelumnya yaitu sekitar 3.2Gbps (400 MB/s) dan secara tori kecepatan USB 3.0 mencapai 4.8Gbps, kecepatan yang dihasilkan ini 6 sampai 10x lebih cepat dari USB 2.0.


KELAJUAN USB


Kelajuan pemindahan Port USB USB menyokong 3 kadar pemindahan data.

• Kadar Kelajuan Rendah selaju 1.5 Mbit/s (183 KiB/s)

yang biasanya digunakan oleh Peranti Antaramuka Manusia (HID).


• Kadar Kelajuan Penuh selaju 12 Mbit/s (1.4 MiB/s).

Kadar Kelajuan Penuh adalah kelajuan tertinggi USB sebelum piawaian USB 2.0 dan kebanyakan peranti jatuh ke Kelajuan Penuh. Peranti Kelajuan Penuh membahagikan lebar jalur USB sesama mereka secara "siapa dulu dia dapat" dan adalah tidak janggal untuk kehabisan lebar jalur dengan beberapa peranti isochronous. Semua hab USB menyokong Kelajuan Penuh.

• Kadar Kelajuan Tinggi selaju 480 Mbit/s (57 MiB/s).

Tidak semua peranti USB 2.0 menggunakan Kelajuan Penuh. Sesebuah peranti USB seharusnya menyatakan kelajuan sebenar yang digunakan dengan melabelkan dengan tepat pada kotak atau pada peranti. USB-IF mengesahkan peranti dan menyediakan lesen untuk menggunakan logo pemasaran khas sama ada "Kelajuan Asas" ataupun Kelajuan Penuh selepas melepasi ujian keserasian dan membayar iuran pelesenan.

Kelajuan bagi peranti Kelajuan Tinggi akan jatuh ke kadar yang lebih perlahan apabila dipalamkan ke hab Kelajuan Penuh. Hab Kelajuan Penuh mempunyai fungsi khas yaitu Penterjemah Transaksi yang mengasingkan kadar trafik bas Kelajuan Penuh dan Kelajuan Rendah daripada trafik Kelajuan Tinggi. Penterjemah Transaksi pada hab Kelajuan Penuh (atau mungkin setiap port, bergantung kepada rekabentuk elektrikal) akan berfungsi sebagai bas Kalajuan Penuh berasingan kepada peranti Kelajuan Penuh dan Kelajuan Rendah yang dipalamkan kepadanya. Pengasingan ini hanyalah untuk lebar jalur sahaja, peraturan bas mengenai kuasa dan kedalaman hab masih diguna pakai.
 



Pengertian USB ( Universal Serial Bus )


USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus , secara umum USB dapat diartikan standar bus serial untuk perangkat penghubung. USB biasanya terdapat di komputer, seiring berkembangnya Jaman, USB juga digunakan di peralatan lainnya seperti : Flashdisk, konsol permainan, mouse, keyboard, televisi, scaner, printer, kabel data, usb otg, smartphone dan PDA

Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, maksudnya USB terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan yang terhubung satu sama lain yang memiliki bentuk seperti pohon. USB menggunakan peralatan hub yang khusus. USB sangat nyaman digunakan, sehingga Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI , dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang dan-mainkan). USB memiliki kemampuan plug n play yaitu dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, USB langsung dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya. USB juga mendukung hot swapping, dimana kita bisa mencopot atau memasang device lain melalui konektor tersebut tanpa harus melakukan booting ulang. Fitur lain dari USB yang bisa kita dapatkan adalah daya yang diperlukan sangat kecil dan kita tidak memerlukan daya tambahan lagi.


USB 1.0

adapun beberapa kekurangan dari USB 1.0 Release candidate sehingga mengalami beberapa perbaikan pada bulan januari 1996, dari segi penamaan, tetap saja di namakan USB 1.0.
Model USB pertama secara signitif lebih lambat dari yang kita nikmati sekarang ini. USB 1.0 memiliki kecepatan transfer 1,5Mbps dan 12Mbps.
Perusahaan besar yang menciptakan teknologi USB 1.0 antara lain Intel, Compaq, Digital, IBM, dan Northen Telecom. walaupun mereka membuat USB 1.0 secara besar-besaran, tetapi produk yang dibuat memiliki peranan yang berbeda, Seperti Intel memproduksi
UHCI host controller dan open software stack yang menggunakan sistem seperti USB 1.0, Microsoft memproduksi USB software stack for Windows dan bersama National Semiconductor serta Compaq ikut merumuskan OHCI host controller. Philips-pun tidak mau ketinggalan, mereka memproduksi USB Audio yang pertama dengan sistem USB 1.0.
USB 2.0


USB 2.0


USB 2.0 dirilis pada bulan April 2000. Pada USB 2.0 banyak sekali penambahan fitur guna menciptakan USB yang lebih canggih. pada akhir tahun 2001, USB 2.0 menggunakan standar dari
USB-IF (Implementers Forum). USB 2.0 memiliki kecepatan transfer data hingga 480Mbps atau sekitar 40 kali lebih cepat dari USB versi sebelumnya.Perbedaan paling mencolok dengan versi sebelumnya, yaitu pada kecepatan transfer yang jauh meningkat.
Kecepatan transfer data USB dibagi
menjadi tiga, antara lain:
- Super speed data dengan frekuensi clock
4,800.00Mb/s
- High speed data dengan frekuensi clock
480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data
pada ± 500ppm.
- Full speed data dengan frekuensi clock
12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data
pada ±0.25% atau 2,500ppm.
- Low speed data dengan frekuensi clock
1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada
±1.5% atau 15,000ppm.

Ciri-Ciri :
a.    Teknologi USB 2.0 dikenalkan pada sekitar April 2000.
b.    Untuk kecepatan transfer(transfer rate), USB 2.0 bisa mencapai maksimal 480
        Mbit/detik.
c.    USB 2.0 memerlukan suplai maksimal daya sebesar 500mA.
d.     Pin steker pada USB 2.0 berjumlah 4 buah.


 
USB 3.0


disebut dengan superspeed bus, terdiri dari 4 kriteria kecepatan transfer data yaitu :
1. 5.0 Gbit/s.
2. 4 Gbit/s,
3. 3.2 Gbit/s
4. 0.4 Gbyte/s or 400 MByte/s)
namun pada kenyataannya berbeda, karena ini hayalah konsep awal, speed boleh kencang tapi hardware harus mendukung kan….
perangkat Super­Speed, seperti hard disk dari Buffalo dan Western Digital, tetapi kecepatan transfernya hanya 100 MB/detik. SSD jauh lebih cepat dengan 250 MB/detik. SSD pertama dengan USB 3.0 dan kecepatan di atas 300 MB/detik telah diumumkan dan rencananya akan dipasarkan pada kuartal ketiga tahun ini.
Kelebihan USB 3.0 :
1. tidak diperlukannya pasokan daya tambahan untuk penggunaan hard disk eksternal.
2. suplai daya untuk perangkat USB 2.0 maksimal 500 mA, sementara untuk perangkat 3.0 mencapai 900 mA.
3. Hal yang baru di USB 3.0, host-controller akan terhubung ke perangkat yang tepat ketika akan menuliskan data pada USB flashdisk. Sementara itu, USB 2.0 mengirim data ke semua perangkat de­ngan cara polling – tak soal apakah perangkat tersebut tepat atau tidak.
Inovasi ini memungkinkan host-controller melakukan manajemen e­nergi terhadap periferal-periferal yang terhubung. Dengan standar USB 3.0, perangkat yang tidak digunakan tidak hanya dapat dikecualikan pada proses pengiriman data, melainkan juga dinonaktifkan.
Ini akan menghemat listrik sekaligus melindungi hardware terkoneksi. Di ­sini digunakan tiga modus hemat energi, yaitu modus U1 IC untuk pengiriman dan penerimaan dinonaktifkan, pada U2 IC clock-generator sementara dihentikan, dan pada U3 dicapai kondisi standby.
Ciri-ciri :
1. Kelebihan USB 3.0
a.    Teknologi USB 3.0 diperkenalkan sejak tahun 2007.
b.    Kecepatan transfer datanya(transfer rate) yang mampu mencapai 5 Gbit/detik(hampir 10x lipat USB 2.0 kan)
c.     Panjang kabel bukan lagi faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer data.
d.    Sifatnya yang full duplex, artinya bahwa USB host dapat melakukan send and receive data secara terus menerus.
e.    Pin steker, USB 3.0 memiliki pin berjumlah 5 buah.
Kelemahan USB 3.0
a.     Belum ada dukungan dari sistem operasi. Anda harus meng¬install driver tambahan dari vendor tersebut agar bisa mendukung teknologi USB 3.0.
b.    Baru sedikit perangkat keras (hardware) yang sudah mensupport USB 3.0. Oleh karena itu, hanya sedikit diantara banyak orang yang telah mencicipi teknologi USB 3.0 ini.


USB FLASH DRIVE

Kecepatan transfer datanya tergantung dari interface USB yang digunakan. Jika menggunakan USB 1.1 mungkin masih memadai untuk USB Flash Drive yang berkapasitas kecil sampai sedang (di bawah 128 MB). Bandwidth-nya berkisar 12 Megabit/detik atau 1,5 MB/detik. Tapi jika kita menggunkan USB 2.0(USB High Speed) cocok untuk USB Flash Drive yang kapasitasnya diatas 256 MB. Karena kecepatan transfer data bisa mencapai 480 Megabit/detik (60 MB/detik). Walau begitu USB Flash Drive yang tercepat sampai saat ini hanya 8 MB/detik untuk pembacaan dan 7 MB/detik untuk penulisan, karena keterbatasan memori dan teknologi USB Flash Drive tersebut. Kinerja USB Flash Drive sendiri bisa didongkrak dengan transfer data pararel dengan lebih dari satu chip memori. Kompensasinya ukuran fisiknya akan menjadi lebih besar akibat penggunaan banyak chip memori.
Ciri-ciri USB FLASH DRIVE
1.     Bentuknya praktis sehingga bisa dibawa kemana-mana.
Kelebihan USB FLASH DRIVE
1.     memiliki kapasitas yang lebih besar
2.    kecepatan yang lebih tinggi
3.    bersifat “plug and play
Kekurangan USB FLASH DRIVE
1.     Harganya cukup mahal.
2.    Mudah rusak bila jatuh.
3.    Mudah terkena virus.


USB WIRELESS

USB Wireless adalah suatu perangkat jaringan yang bertugas untuk membagi koneksi Wi-Fi dari satu PC ke PC lain.
Ciri-ciri USB WIRELESS
1.     Bentukn wadah port kecil.
2.    Tidak menggunakan perantara kabel.
Kelebihan USB WIRELESS
  1. Dapat melakukan swapped antara laptop dan desktop dengan cepat dan mudah.
  2. Dapat mengaktifkan laptop untuk terhubung ke jaringan nirkabel.
  3. Bentuk USB WIRELESS fleksibel .
Kekurangan USB WIRELESS
  1. Dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini.
2.    Mudah rusak, jika terjatuh/terkena hantaman benda keras.




1 komentar:

Next Prev
▲Top▲